Apa yang Patut kita Sombongkan ??

kimangli : Jangan Sombong

Di bumi yang sangat indah sekali ini, masih saja banyak orang yang sombong akan dirinya. kesombongan itu beraneka macam. mulai dari kesombongan diri, sombong karena punya harta banyak, punya isteri yang cantik atau karena jabatan. semua saya akui sangatlah wajar karena Alloh menciptakan makhluknya beraneka ragam dan beraneka sifat. namun perlu di garis bawahi bahwasanya mengapa kita sombong ? karena hakekatnya sombong itu tidak baik, dapat  menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin (heheh… kok jadi iklan rokok yach ??? tapi nek di sambungna ya iso nyambung toch).

SEBAB SOMBONG

Semua di alam ini pasti mengikuti hukum alam, salah satunya adalah hukum sebab akibat. bisanya sombong pasti kan ada sebabnya … betul ndak ?? iya pastinya, karena ini sudah pasti. kalau alasan sombong itu banyak beberapa sudah di sebutkan diatas, ya  sombongnya karena harta, wanita dan jabatan dan masih banyak lagi. namun akarnya dari kesombongan itu apa ?. menurut saya akar dari kesombongan adalah karena menganggap semua keberhasilannya semua itu karena jerih payah dirinya sendiri. padahal dengan tegas saya menyatakan TIDAK, kita semua bergantung kepada Tuhan yang Maha Esa. secara sederhana pandangan orang awam andaikan kita berusaha dengan keras dengan jerih payah sendiri pasti akan sukses berarti tak ada campur tangan tuhan donk. padahal Tuhan itulah penentu semua.

Jadi intinya ada sebuah kekuatan yang sangat besar dan tak dapat kita jangkau kebesaran dan kekuatannya yang sangat mempengaruhi semua kejadian di alam ini ya tidak lain hanyalah Alloh Tuhan yang maha kuasa.

kimangli : "Jangan Sombong yach ?"

Jadai apa yang mesthi kita Sombongkan ??? okelah kalo begitu mari kita bersama -sama bermuhasabah, bahwasanya kita ini makhluk yang lemah tanpa ada kekuatan dari Alloh swt.

Advertisements

One comment on “Apa yang Patut kita Sombongkan ??

  1. Setuju Ki.
    Kesombongan itu seperti sebutir pasir di mata. Membuat kita tidak bisa melihat yang hakiki. Terimakasih Ki untuk muhasabahnya.
    Suwun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s