Sebaik-baik manusia adalah menyadari kekurangannya

kimangli : muhasabahSebaik-baik waktumu yaitu yang di dalam waktu itu kamu bisa membuktikan wujud kebutuhanmu dan dikembalikan kamu pada waktu itu kepada wujud kerendahanmu.

Sebaik-baik manusia adalah jika yang menyadari akan kekurangannya, dan ia mengakui kehinaanya (kerendahannya), menyadari bahwa diri tidak ada artinya karena memiliki banyak kekurangan. Tetapi jika seseorang selalu merasa sempurna, mulia dan tanpa cacat, maka justru sikap tersebut akan menghalanginya menuju Allah.

Sudah menjadi tabiat manusia, jika dirinya dijauhkan dari kesenangan, lalu ia direndahkan, merasa lemah, dan merasa dalam keterbatasan, maka justru disaat itulah terbuka pintu-pintu cahaya dan mata batinnya, kalau seseorang merasa tak berdaya, maka timbulah inisiatif dan cara berpikir yang jernih. Hal ini karena nafsu tidak lagi mampu menguasai hatinya.

Oleh karena itu sebaik-baik orang adalah yang menyadari kekurangannya dan kembali mengaku kehinaan diri di depan Allah. Sifat ini akan mengantarkan untuk bisa menghamba secara total kepadaNya. Ia akan benar-benar merasa butuh dan hanya bergantung kepadaNya. Sifat sombong dan rasa mulia akan lenyap dari hatinya.

Saling mengingatkan dalam hal-hal kebaikan. mari kita berjalan bersama menuju mardhotillah. Bahagia di Dunia dan Bahagia juga di Akhirat.

-<( kimangli )>-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s