Kiat dalam Mengelola Perasaan dan Pikiran agar kita dapat mengendalikan ke arah yang positif :

  1. Keimanana kita tingkatkan. Dengan meningkatkan amal dan perbuatan kita seperti halnya Berdzikir atau lebih khusus baca Istighfar. Dengan membaca istighfar maka perasaan kita yang marah/kecewa/sedih maka akan turun dan menjadi perasaan positif. Hendaknya perasaan dikendalikan dengan meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama bahkan rasa cinta kasih pada makhluk Allah termasuk tumbuh-tumbuhan. Sedangkan mengendalikan pikiran dengan berbaik sangka dan berserah diri kepada Allah.
  2. Mendidik pikiran agar mempercayai bahwa segala kebaikan dan keberuntungan hanya bersumber dari Allah, bukan pada makhluk. Sehingga kita dapat menyikapi suatu permasalahan sebagai ujian.
  3. Yakinlah bahwa Allah tidak akan membebani seseorang  melebihi kapasitas dan kemampuannya.
  4. Pandailah menghargai dan mensyukuri kebaikan apapun yang anda terima dan akuilah kekurangan dan kesalahan. Percayalah Allah akan memberikan yang terbaik dan lebih baik dari pada yang telah anda dapatkan dan anda harapkan.

Cobalah anda renungkan 4 hal diatas, yakin dan percayalah atas kekuasaan Allah. Kehidupan mustahil tanpa perubahan, semua akan mengalami perubahan, yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Siapa yang tidak siap hari ini maka ia tidak akan siap hari esok. Janganlah anda cemas, karena kecemasan merupakan penyebab kegagalan. Yakinlah pada kekuatan diri anda dengan hanya kekuasaan Allah.

“Ilmu sendiri tidak punya nilai, Penggunaan ilmu itulah yang membuatnya bernilai”.

Selamat mencoba … semoga bermanfaat

2 comments on “Kiat dalam Mengelola Perasaan dan Pikiran agar kita dapat mengendalikan ke arah yang positif :

  1. Saya punya cerita cinta yang mungkin ada yang bisa berbagi bagaimana mencari solusi terbaik untuk situasi cinta yang saya hadapi ini.

    Begini…….
    Saat kelas 1 MTs, saya menyukai seorang gadis, tetapi karena saya pendiam, rasa suka itu saya pendam. Tak pernah saya utarakan, walau melalui surat. Tapi, sepertinya dia bisa membaca bahwa saya ada rasa suka terhadapnya.

    Waktu berlalu, saya melanjutkan pendidikan di SMU di Bandung, dia di SMK di Cirebon. (Kami dari tempat yang berjauhan, dia Orang Indramayu, saya orang Subang)

    Saat kelas 3 SMU, saya kirim surat padanya yang isinya menyatakan bahwa saya menyukai dia. Dia membalas, yang isinya masih “remang-remang”. Kemudian saya kirim lagi surat, dan berbalas lagi, agar saya telpon dia di Pesantren nya, dan agar saya bisa menemui dia di Cirebon.

    Singkat kata, saya berangkat ke Cirebon, tetapi karena saya tersesat di Cirebon, pertemuan saya dengannya tidak pernah terjadi.
    Waktu berlalu, dan saya tidak lagi berharap banyak cinta saya berbalas, dan saya pun tidak lagi mengingat dia.

    Hingga akhirnya, 15 tahun kemudian (dihitung sejak kelas 1 MTs) atau 10 tahun kemudian (dihitung sejak 3 SMU), datang surat dari dia. Isi surat itu menuturkan bahwa sebenarnya dia dulu ingin bertemu dengan saya.

    Yang jadi persolan adalah, saya saat ini sudah berumah tangga, sudah 4 tahun. Saya sangat menyayangi istri saya dan tidak terbersit niat sedikitpun untuk meninggalkan istri saya. Tapi… saya didera kerinduan pada dia. Baru kali ini saya merasakan hal seperti ini.

    Awalnya, saya kerapkali telpon dia (saat ini berada di Malaysia), tetapi kemudian dia bilang jangan telpon tiap hari, ntar abis duit. Saya bilang ga peduli kok, yang penting itu hanya sebagian kecil diambil dari keuangan saya.

    Sekarang, saya didera sakit kepala yang lumayan berat. Ternyata seperti ini ya kalau dihadapkan pada situasi cinta yang kurang mendukung secara waktu dan tempat. Inginnya tiap hari saya telpon dia.

    So…, apa yang harus saya lakukan.
    Saya menyayangi istri saya, sangat.
    Saya pun menyayangi gadis itu.
    Seandainya surat dari gadis itu tidak sampai, mungkin suasana hati saya tidak akan seperti sekarang ini.

  2. setiap manusia pasti d uji,,tentunya ujian anda sangat berat buat anda hanya ber istikharahlah anda untuk menentukan pilihan maha yang terbaik…anda sedang d uji dalam rumah tangga jika anda menyakiti istri anda tanpa alasan takut,y anda kedepan kurg bahagia,,,semuanya telah di atur dekatkan dengan yang maha kuasa berserah diri padanya,, minta solusi terbaik untuk penyelesaiin. amien

Leave a Reply

