Hikmah Menapaki Jalan Kehidupan

Hidup ini adalah perjalanan. orang yang melakukan perjalanan tentunya sudah mempunyai arah dan tujuan. andaikan orang yang melakukan perjalanan tapi tidak tahu tujuan nya maka dapat di pastikan akan menemui keraguan dan kebingungan. ini hal yang sangat dasar.

layaknya kehidupan. untuk apa kita hidup ini ? mengapa kita di hidupkan ? pertanyaan ini sering sekali muncul dalam benak kita. sebenarnya untuk apa hidup ini. ku coba bertanya ke teman2 dan jawabannya pun berfariasi. ada yang hidup menjalani takdir, mencari uang, mencari kekayaan,menikmati ciptaan tuhan dengan mencari cewek cantik, ada yang bilang beribadah dan banyak pendapat mengenai tujuan hidup ini. namun dari sekian banyak itu berbagai macam tujuan dapat ku simpulkan bahwa hidup kita itu pada akhirnya mendapat kebahagiaan. baik kebahagiaan di dunia dan akhirat.

okeh, intinya mencapai kehidupan yang bahagia. namun tentu saja semua itu pasti ada proses. lah proses menuju kebahagiaan itu ya melewati perjalanan hidup ini. perjalanan hidup menuju kebahagiaan  di dunia dan akhirat. boleh saya menyatakan tujuan kita adalah dekat (menyatu) dengan sang Tuhan.

Perjalanan itu ndak selamanya menyenangkan dan ndak selamanya menyedihkan. itu sudah pasti dan itu lah hukum alam. kita untuk menuju suatu tempat agar bisa dengan cepat dan selamat tentunya harus dengan alat transportasi yang memadai. bisa dengan kuda, bis, kereta dan lain sebagainya. lah kita untuk menuju tuhan harus dengan alat yang namanya Agama. yang namanya agama itu sudah pasti mengajarkan kebenaran. dan didalam agama itu pastinya ada panutan2 agama tersebut. kalo di Agama islam ada Nabi Muhammad SAW, di kristen ada nabi isa, di budha ada sang sidharta gautama dan di hindu ada dewa dan dewi serta agama lainnya pun pastinya ada yang buat tuntutan untuk menuju jalan kebahagiaan itu.

disini berarti perlu adanya alat penghubung kita dengan tuhan, yaitu dengan perantara orang-orang terdekat dengan tuhan. kalo ada yang bilang tawassul itu bidah ya wajar saja itu pendapatnya dia, tapi toh kita berkeyakinan bahwa kita perlu untuk bertawasul.

setelah kita mempunyai alat transportasi/kendaraan tentunya kita harus mulai berjalan donk, kalo cuma berdiam ya ndak akan sampai. Lakukanlah hal2 yang positif dan juga jalankan ibadah sebagai sang hamba.

di dalam perjalanan tentunya jalan itu ndak selamanya mulus layaknya aspal hotmix, terkadang ada aspal yang kelupas, asplanya rusak atau bahkan melewati jalan2 yang belum di aspal sekalipun. kita harus tegar melewati jalan itu, karena kita sudah memilih jalan ini tentu saja harus di hadapi apapun resikonya. ini menggambarkan bahwasannya kita harus menyelesaikan problem2 kita di jalan tersebut. entah kita kondisi apapun kita harus tegar dalam melewati jalan2 ini. dan harus hati2 agar tetap melaju jangan sampai berhenti di tengah jalan.

di kanan kiri kita terkadang melewati tebing yang curam dan pemandangan yang sangat menyenangkan, kita harus tetap hati-hati, karena cobaan, rayuan itu pasti akan datang. kalaupun kita ingin melihat keindahan tebing lebih baik berhenti dulu. ndak perlu grasa-grusu dalam melewati perjalanan ini. boleh2 saja istirahat sejenak menikmati ciptaan sang tuhan tapi kita harus fokus dengan tujuan kita. kembalilan ke jalan yang benar, kembali ke jalan menuju tempat tujuan kita.

hati2 senantiasa ada dalam jiwa raga kita, namun terkadang alam tak pasti. bisa juga karena melewati jalan yang kurang baik, mengakibatkan ban kita bocor. lah disini terkadang hidup itu kehilangan semangat. ayo bangkit tuk menambal semangat agar bisa penuh kembali.

tetap fokus dengan tujuan hidup dan karena sudah cukup sore, cukup sekian tulisan ini. bersambung…..

terima kasih bagi anda yang sudah berkenan membaca coretan hati ini …

jangan lupa tinggalkan kometar.

mari bersama-sama saling mengingatkan dalam hal kebaikan. kita gapai kejayaan nusantara di era ini. jadikan negeri ini yang gemah ripah loh jinawi.

-<( kimangli )>-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s