Wahana rekreasi wisata pendidikan di baturraden banyumas

baru-baru ini Bupati Banyumas, Drs. Mardjoko, MM, Selasa (7/12-2010) kemarin meresmikan pembukaan wahana baru di kompleks Lokawisata Baturraden, dengan nama Teater Alam Baturraden. Wahana wisata baru tersebut merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) dengan investor dari Kabupaten Cilacap, CV. Tumbuh Segar.

Dalam wahana yang berbentuk kapal terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, yang dibangun di atas tanah seluas 600 m2 tersebut para pengunjung akan merasakan sensasi naik pesawat terbang dan dapat menikmati tayangan-tayangan film melalui layar di dalam pesawat yang menampilkan potensi-potensi pariwisata mulai di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Indonesia bahkan dunia, serta materi-materi muatan lokal bagi anak-anak sekolah, selama kurang lebih 10 menit setiap sesinya, dengan biaya per orang 5 ribu rupiah.

Direktur CV. Tumbuh Segar, Toto Sugiyarto dalam keterangannya menjelaskan, wahana ini dibangun dengan konsep pariwisata pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai antara lain: memasyarakatkan pesawat terbang sebagai salah satu alat transportasi, mengingat saat ini 98% penduduk Indonesia belum pernah naik pesawat; menjadikan wahana tersebut sebagai media pendidikan; dan mendorong terwujudnya pariwisata sebagai usaha permanen bagi pemerintah daerah dan para pelaku usaha.

Beberapa hal yang merupakan keuntungan bagi Pemkab Banyumas dengan hadirnya wahana baru ini menurut Toto antara lain: wahana tersebut akan meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata, meningkatkan kunjungan pariwisata khususnya di sekitar Lokawisata Baturraden, dan para gilirannya akan menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru bagi masyarakat Baturraden dan sekitarnya.

Secara khusus Toto juga mengajak kepada para pengusaha wisata dan para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Banyumas khususnya di sektor pariwisata. Toto juga meyakinkan bahwa Banyumas memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, dan mengakui bahwa berinvestasi di Kabupaten Banyumas itu mudah, dengan dukungan proses perijinan yang mudah dan suasana masyarakat Banyumas yang kondusif.

Sementara itu, Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepedulian CV. Tumbuh Segar dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Banyumas. Bupati berharap wahana ini akan menjadi salah satu alternatif obyek wisata pendidikan bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Bupati juga berharap CV. Tumbuh Segar dan investor-investor lainnya akan terus mengembangkan pariwisata di Kabupaten Banyumas, dengan membangun wahana-wahana baru yang rekreatif dan edukatif, serta mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banyumas.

sumber:www.banyumaskab.go.id

Harapan saya smoga pelayanan, kebersihan dan keindahan lokawisata tetap terjaga sehingga menimbulkan kenyamanan di baturraden tercinta ini.

maju dan terus berkembang wisata di banyumas.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s